MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

MENGGUNAKAN PAPAN BERPAKU

Seperti yang kita ketahui bersama dijaman sekarang proses pembelajaran menggunakan atau memanfaatkan media pembelajaran sangat diperlukan. Media pembelajaran sangat penting diselipkan dalam proses belajar agar siswa yang mempelajari semakin memahami dan mengerti apa yang mereka pelajari. Media pembelajaran semakin lama semakin berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi. Maka dari itu media pembelajaran secara tradisional semakin lama semakin ditinggalkan. Walaupun media pembelajaran tradisional sudah tidak sering digunakan namun media pembelajaran tradisional di sekolah-sekolah SD khususnya masih tetap ada dan mungkin masih banyak yang menggunakan serta memanfaatkan media pembelajaran tradisional untuk lebih memperlancar proses belajar mengajar.

Disini saya akan mencoba menjelaskan media pembelajaran tradisional yang menggunakan Papan Berpaku. Media papan berpaku merupakan media pembelajaran yang digunakan untuk mempelajari dan lebih memahami mengenai pembelajaran matematika. Media ini dibuat dari papan yang dimana diatas papan ditancapkan beberapa paku. Fungsi atau kegunaan dari media ini adalah sebagai alat bantu guru dalam proses pengajaran matematika di Sekolah Dasar untuk menanamkan konsep atau pengertian geometri kepada siswa, contohnya pengenalan bangun datar, pengenalan keliling bangun datar, dan menentukan atau menghitung luas bangun datar. Tanpa menggunakan media untuk memperkenalkan beberapa contoh bangun datar kepada siswa sangatlah sulit karena siswa hanya bisa membayangkan saja bentuk dari bangun datar yang diajarkan tanpa mengetahui bagaimana bentuk bangun datar tersebut yang sebenarnya. Cara menggunakan media papan berpaku ini adalah :

  1. Letakkan papan berpaku di depan kelas, bisa digantung atau disandarkan. Papan berpaku diisi dengan sejumlah karet gelang dengan 4 warna yang berbeda serta sediakan pula kertas berpetak.
  2. Lalu guru menjelaskan apa nama media itu dan kegunaannya. Setelah itu guru memperagakan cara mebentuk bangun datar dengan menggunakan media papan berpaku
  3. Setelah murid mengerti mengenai penjelasan guru, kemudian masing-masing siswa membentuk sendiri bangun datar yang diinginkan sesuai dengan kreativitas masing-masing.
  4. Lalu siswa mencoba menggambar hasil yang diperoleh pada kertas berpetak yang sudah disiapkan tadi dengan dituntun oleh guru untuk memperkenalkan nama-nama bangun datar yang sudah dibuat oleh siswa dan memperkirakan luas serta keliling bangun datar tersebut.
  5. Dalam hal ini guru jangan memaksakan semua diberi nama bangun-bangun yang telah dibuat oleh siswa, kecuali bangun-bangun dasar yang sudah biasa dipelajari oleh siswa, seperti segiempat, persegi, persegipanjang, jajargenjang, trapesium, trapesium samasisi, trapesium samakaki, belah ketupat, layang-layang, segitiga siku-siku, segitiga samakaki, segitiga samasisi, segitiga tumpul, segitiga lancip, segitiga sembarang, segilima, segienam dan lain-lain.

Setelah mempelajari media papan berpaku ini diharapkan siswa menjadi tahu bagaimana bentuk bangun datar dan cara mengetahui luas serta keliling bangun datar tersebut.

Contoh gambar Papan Berpaku :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: